Contoh Teks eksplanasi

Contoh Teks eksplanasi
  Teks Eksplanasi Bencana Alam
 [ Tanah Longsor, Banjir Dan Tsunami ]



Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan-penjelasan tentang proses mengapa dan bagaimana dari suaru topik yang berhubungan dengan fenomena- fennomena alam maupun sosial yang terjadi dikehidupan kita setiap harinya.

Nah, berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi tentang bencana alam.



Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor [bencana alam]

Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya gerakan tanah atau biasa disebuuut geologi yang Terjadi karena adanya pergerakan masa batuan/tanah dengan tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.
Tanah longsor atau amblas secara garis besar bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu.
aktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri,sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut.

Diindonesia sendiri peristiwa ini hampir sering terjadi kebanyakan disebabkan oleh gempah sehingga menggerakan lempeng bawah taanah sehingga mengakibatkan elemen atau elemen bawah permukaan meninmbulkan gerakan lateral kemudian terjadilah longsor untuk pencegaahan terjadinya longsor dengan menggunakan pohon, karena akar
pohon akan banyak membantu dengan cara menyerap air hujan sehingga bisaa meminimalisir.


Contoh Teks eksplanasi tentanng banjir [bencana alam]

banjir merupakan fenomena alama menutupi permukaan kawasan tersebut. banjir juga bisa dilihat sebagian dari siklus hidrologi yaitu bagian air dipermukaan bumi pengaruhi 
oleh curah hujan dan penyerapan air kedalam tanah.

secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. secara non ilimiah banjir dapat terjadi karena 
ulah manusia. proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti, turunnyaa hujan jatuh kepermukaan bumi dan tertahan oleh tumbuhan-tumbuhan setelah itu msuk daratan.
banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadikan bencana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.


Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti, membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut
terapung ditempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setalah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena merekamendiami tempat tinggal yang
secara alamiah merupakan dataran banjir bukan banjirlah yang mendatangi manusia tapi manusiaalah yang mendatangi banjir.


Contoh Teks eksplanasi tentanng Tsunami  [bencana alam]

Tsunami [tsu= pelabuahan,nam i= gelombang,secara harafiah berarti''ombak besar dipelabuhan'] adalah perpindahan badan air yang disebabkan oelh perbuahan yang berpusat dibawaah laut,tentusan gunung berapi bawah laut, longsor maupun meteor yang jatuh kebumi namun, 90  tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. dalam rekaman sejarah beberapaa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus,misalnya ketika meletusnya gunung krakatau.


Gerekan vertikal pada kerak bumi,dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan kesetimbanga air yang berada di atasnya.

pendidikan

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks eksplanasi "

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel