Dokter: Inilah Cara Sempurna Menjaga Kebersihan Kewanitaan Ketika Menstruasi

Dokter: Inilah Cara Sempurna Menjaga Kebersihan Kewanitaan Ketika Menstruasi

Menstruasi merupakan proses biologis yang normal bagi perempuan. Sayangnya, dari hasil riset Burnet Institute tahun 2015 terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia, menemukan bahwa masih banyak anak perempuan yang belum mengerti mengenai menstruasi, siklus menstruasi, dan administrasi kesehatan menstruasi.

Bahkan ketika menstruasi, si anak justru aib untuk menyampaikan bahwa ia sudah menstruasi kepada orangtua. Inilah mengapa si anak tidak mendapat pengetahuan yang benar. 

dr. Kristina Manurung Kasubdit kesehatan usia sekolah dan dewasa dari kementrian kesehatan, menyampaikan dewasa perempuan perlu mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi. Kurangnya pengetahuan mengenai menstruasi, sanggup menjadikan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi dan kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan kebersihan menstruasi yang kondusif di sekolah. 

Oleh alasannya yaitu itu, Direktorat Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) meluncurkan sebuah buku saku bertajuk 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' di hadapan ratusan siswi SMPN 115 Jakarta, Rabu (14/3).

"Buku ini untuk mengetahui menstruasi, menjaga kebersihan ketika menstruasi serta mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS," ujar Kristina, ketika ditemui dalam peluncuran buku ‘sehat dan higienis ketika menstruasi’, di SMPN 115 Jakarta Selatan,  Rabu, (14/3). 

dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan, buku ini berisikan, hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menstruasi menyerupai membantu menjaga kebersihan menstruasi, menyerupai mencuci tangan sebelum dan sehabis mengganti pembalut, tanda-tanda menstruasi yang tidak normal menyerupai nyeri berlebihan, contoh sangat tidak teratur, dan terlambat mengalami menstruasi pertama, yaitu di atas usia 14 tahun. 
Copyirght: Vemale.com

“Penting bagi perempuan untuk mengenal sistem reproduksinya. Tubuh kita telah tercipta sedemikian rupa untuk sanggup menjaga kondisi kebersihan dan kesehatan secara natural selama menstruasi. Selain itu tidak kalah pentingnya yaitu mengenal Apabila ada tanda-tanda yang tidak normal ketika menstruasi, maka dianjurkan untuk melaksanakan investigasi lebih lanjut ke dokter,”ujarnya. 

Vina Oktavia Setiawan – Brand Manager BETADINE® Feminine Care menambahkan, terdapat banyak sekali kiat-kiat mengenai cara membuang pembalut, isu asupan masakan sehat biar tetap produktif, cara menjaga kebersihan ketika menstruasi, atau cara gampang mengatasi pre-menstrual syndrome juga tersedia. 

“Kami berharap buku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ ini sanggup membantu dewasa untuk mengenal menstruasi dan mengetahui lebih terperinci langkah menjaga kebersihan area kewanitaan dari sumber yang terpercaya,” tuturnya.
 
Buku Saku ini akan disebarkan lebih luas lebih lanjut pada dewasa perempuan usia 12-14 tahun di SMP, komunitas ibu dan anak dan juga melalui Dinas Kesehatan.
(vem/asp/ivy
kesehatan Tips

Belum ada Komentar untuk "Dokter: Inilah Cara Sempurna Menjaga Kebersihan Kewanitaan Ketika Menstruasi"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel