6 Tips Hidup Sehat Untuk Wanita

6 Tips Hidup Sehat Untuk Wanita

Selain kecantikan, kesehatan juga faktor penting yang harus diperhatikan oleh para wanita. Berbeda dengan pria, ada beberapa penyakit yang lebih rentan dialami oleh wanita. Berikut ini enam tips sederhana untuk menjaga diri tetap sehat, jauh dari aneka macam penyakit.
1. Pola makan natural
"Sedapat mungkin hindari makanan olahan pabrik dan perbanyak makanan alami, ibarat ikan segar, buah dan sayur yang juga segar," kata Donald Novey, MD, dokter pengobatan integratif dari Advocate Medical Group in Park Ridge, Illinois.
Konsumsilah biji-bijian dan kacang-kacangan, makanan berserat tinggi, pilih daging dan ikan segar rendah lemak. Hindari makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh.
Pola makan sehat akan membantu Anda mempertahankan berat tubuh ideal dan ini sangat penting sebab obesitas sanggup memicu penyakit kardiovaskular, ibarat jantung dan stroke.
Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes. Sementara makanan olahan, terutama daging, telah dipastikan oleh WHO sebagai penyebab utama kanker.
Untuk camilan, cobalah untuk mengonsumsi sayuran mentah, ibarat seledri, wortel, brokoli, mentimun, dan zucchini. Sayur-sayuran ini akan bertambah yummy jikalau Anda konsumsi bersama dengan madu murni.


2. Olahraga rutin
Penyakit jantung ialah salah satu penyebab utama janjkematian selain kanker. Olahraga teratur ialah salah satu senjata utama menjaga biar penyakit jantung tetap jauh. Anda disarankan untuk olahraga selama 30 menit setiap hari, lima hari dalam seminggu atau setiap hari.
Latihan aerobik, ibarat berjalan, renang, bersepeda, dan dansa, ialah jenis olahraga yang bagus untuk jantung Anda, terperinci Sabrena Merrill, instruktur fitnes dan juru bicara American Council on Exercise.

3. Hindari kebiasaan yang berisiko
Misalnya tidak merokok dan menjauhi lingkungan yang terpapar asap rokok, tidak menggunakan narkoba, dan minum alkohol tidak melebihi dosis yang dianjurkan.
Beberapa studi menunjukkan, perempuan masih kondusif mengonsumsi alkohol sebanyak 12-14 gram sehari atau setara dengan sekitar 350 ml bir kadar alkohol 4,5 ml atau 150 ml wine kadar alkohol 12 persen.

4.  Hindari stres
Tidak peduli apa pun posisinya, sebagai anak, ibu atau seorang nenek, ibu rumah tangga atau perempuan karier, seorang perempuan kerap harus berjuang dengan banyak tekanan dan stres.
"Luangkan waktu beberapa menit sehari untuk rileks biar pikiran Anda hening kembali," saran Novey.
"Relaksasi tidak memakan waktu usang dan kesehatan mental akan sangat memengaruhi kesehatan fisik Anda," katanya lagi. Pelajari teknik relaksasi dari buku, teman, instruktur yoga, atau video di internet.

5.  Gunakan tabir surya
Eksposur sinar matahari sanggup menjadikan kanker kulit yang mematikan. Gunakan losion dengan SPF minimal 15 setiap hari, terutama dikala bepergian ke luar rumah.
Waspadai gejala ibarat perubahan ukuran dan warna tahi lalat atau tanda lahir. Jika Anda menemukan ada bintik absurd di kulit, periksakan diri ke dokter.
6. Pemeriksaan dini kanker serviks dan kanker payudara
Sadari atau investigasi payudara sendiri ialah jenis investigasi berdikari yang beberapa tahun kemudian dianjurkan untuk dilakukan setiap bulan bagi semua perempuan yang sudah menstruasi.
Namun, baru-baru ini, American Cancer Society mengatakan, sadari saja tidak cukup untuk mendeteksi keberadaan kanker payudara. 
Mulai usia 20, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Usia 40 tahun ke atas, seorang perempuan sebaiknya melaksanakan mamogram setiap tahun. Hal ini juga berlaku untuk investigasi dini kanker serviks atau kanker leher rahim.

Kesehatan perempuan berubah seiring dengan berjalannya usia, tetapi hal-hal dasar ibarat enam tips di atas tetaplah sama. Jika Anda melakukannya, ini sanggup membantu meningkatkan level kesehatan Anda hingga bertahun-tahun mendatang.


KOMPAS



kesehatan Tips

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Hidup Sehat Untuk Wanita"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel