Sistem Vvt-I (Variable Valve Timing-Intelegent) Toyota

Sistem Vvt-I (Variable Valve Timing-Intelegent) Toyota
VVT I (VARIABLE VALVE TIMING - INTELEGENT )


Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) yaitu mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota. VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991. Mesin yang sudah VVT-i diklaim menciptakan mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta ekonomis materi bakar.



Dasar dari VVT-i yaitu mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian yang menciptakan konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan menurunka tingkat emisi materi bakar serendah mungkin. Bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar sasaran valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft menawarkan sinyal sebagai respon koreksi. Bahasa sederhananya sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk materi bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin.

Adopsi teknologi VVT-i ke mesin kendaraan beroda empat juga menawarkan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan yang harus ditanggung. Sebab tune-up menyerupai setel klep dan lain sebagainya tidak diharapkan lagi. Namun demikian, sebaiknya tetap lakukan service berkala, hindari sembarangan bengkel, dan gunakan oli mesin dengan grade yang dibutuhkan sesuai dengan manual yang dikeluarkan pihak pabrikan mobil. Memilih sembarang bengkel untuk kendaraan beroda empat ini menjadi pantangan, pasalnya mesin ini memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya tersedia dibengkel resminya.



Teknik Mengendarai Xenia dengan teknologi VVT-i

Mengendarai kendaraan beroda empat bermesin VVT-i dengan benar sanggup menghemat penggunaan materi bakar hingga 30% dibanding mesin konvensional. Namun, mengendarai secara asal menghasilkan pemborosan hingga 20% dibanding mesin konvensional. Dibanding mesin konvensional, mesin VVT-i menghasilkan torsi yang besar pada putaran mesin rendah dan tenaga kuda (horsepower) yang berlimpah padan putaran mesin tinggi. Nah berikut ini adalah tips mengendarai mesin VVT-i

Pertama, pelajari karakteristik mesin VVT-i. Biasanya timing akan berubah antara putaran rendah dan putaran cepat pada 3000 rpm. Ini sanggup dirasakan biasanya akselerasi lebih cepat sehabis melewati rpm tersebut.

Kedua, kemudian cek pada putaran mesin berapa kendaraan sanggup bergerak (jalan rata dan datar). Ini yaitu rpm terendah dimana VVT-i menghasilkan 90% torsi , biasanya 2000 rpm.

Ketiga, kemudian anda perlu mengganti kebiasaan berkendara anda. Pindah gigi sesaat sebelum terjadi perubahan timing, misal di 3000 rpm terjadi perubahan timing maka, pindah gigi ketika 2950 rpm.

SUMBER https://serbaserbi-1.blogspot.com//search?q=apa-itu-vvt-i-pada-daihatsu-xenia lainnya

Belum ada Komentar untuk "Sistem Vvt-I (Variable Valve Timing-Intelegent) Toyota"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel