FUNGSI
Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali di nyalakan
TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER
1. TIPE PLANETARY
2. TIPE REDUKSI
3. TIPE KONVENSIONAL
KOMPONEN BESAR UTAMA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL
1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar
3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT
4. SWITCH STARTER
Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus litrik yang mengalir pada pada rangkaian
a. Pengukuran komutator korelasi terbuka
b. Pengukuran komutator korelasi masa
2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL
c. Pengukuran sirkuit Field Coil korelasi terbuka
Jika terdapat korelasi maka field coil baik namun jikalau tidak terdapat korelasi maka continuitas field coil putus
d. Pengukuran sirkuit Field Coil korelasi massa
Jika tidak terdapat korelasi maka field coil baik namun jikalau terdapat korelasi maka continuitas dari field coil bocor
3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN RANGKAIAN SIKAT
Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe starter yang di gunakan oleh kendaraan masing-masing namun jikalau sikat masih panjang dan kondisinya masih baik (belum aus dan rompal) tidak perlu diganti
4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN PINION GEAR
KERUSAKAN - KERUSAKAN MOTOR STARTER
lainnya
Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali di nyalakan
TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER
1. TIPE PLANETARY
Pada starter tipe ini memakai tiga buah gear sebagai penopang poros armature juga sebagai pencetus armature itu sendiri sebelum memutar kopling dan pinion gear.
2. TIPE REDUKSI
Pada starter tipe ini terdapat gear-gear yang saling mereduksi dari kumparan armature sampai ke gear pada poros kopling
3. TIPE KONVENSIONAL
Pada starter tipe ini hanya terdapat satu buah gear ialah pinion gear yang akan terhubung ke fly wheel gear ketika drive lever mendorong gear tersebut ketika starter berputar
URAIAN
Untuk mempersempit bahan bahasan ihwal sistem starter, blogger hanya akan membahas ihwal sistem starter tipe konvensional saja. menyerupai gambar di bawah ini.
1. SWITCH STARTER
Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari baterai
Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari baterai
2. PEGAS PLUNYER
Untuk mengembalikan posisi plunyer sesudah menekan dan mendorong drive lever
Untuk mengembalikan posisi plunyer sesudah menekan dan mendorong drive lever
3. PLUNYER
Untuk mendorong dan mengkait drive lever
Untuk mendorong dan mengkait drive lever
4. DRIVE LEVER
Untuk mendorong clutch dan pinion gear biar terhubung ke flywheel gear
Untuk mendorong clutch dan pinion gear biar terhubung ke flywheel gear
5. FRONT CASE
Untuk menutup bagaian depan starter
Untuk menutup bagaian depan starter
6. STOP COLAR
Untuk membatasi pergerakan clutch dan pinion gear pada poros
Untuk membatasi pergerakan clutch dan pinion gear pada poros
7. PINION GEAR
Untuk memutar gear pinion
Untuk memutar gear pinion
8. STARTER CLUTCH
Untuk membatasi putaran cepat dari clutch
Untuk membatasi putaran cepat dari clutch
9. ARMATURE
Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar
Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar
10.COMUTATOR
Untuk kawasan kedudukan sikat arang yang akan mengalirkan listrik ke armature sehingga terjadi putaran
Untuk kawasan kedudukan sikat arang yang akan mengalirkan listrik ke armature sehingga terjadi putaran
11.WASHER
Untuk membatasi dan mengunci poros penggalan belakang dari starter
Untuk membatasi dan mengunci poros penggalan belakang dari starter
12.FIELD COIL
Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
13.BRUSH HOLDER
Untuk kawasan kedudukan brush konkret dan negatif
Untuk kawasan kedudukan brush konkret dan negatif
14.BRUSH
Untuk menghantarkan arus listrik pada komutator
15.REAR CASE
Untuk menutup starter penggalan depan
16. BOLT
Untuk mengikat secara keseluruhan komponen sistem starter
Untuk menghantarkan arus listrik pada komutator
15.REAR CASE
Untuk menutup starter penggalan depan
16. BOLT
Untuk mengikat secara keseluruhan komponen sistem starter
KOMPONEN BESAR UTAMA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL
1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar
2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar
3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT
Fungsi : sebagai kawasan kedudukan sikat konkret dan negatif dan juga untuk menghantarkan arus listrik pada komutator
4. SWITCH STARTER
Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus litrik yang mengalir pada pada rangkaian
Terdapat 3 Terminal pada switch starter ialah : 30, 50 dan C
dan juga terdapat dua buah gulungan utama ialah : Pull in Coil dan Hold in Coil
CARA KERJA SISTEM STARTER DALAM RANGKAIAN
Ketika kunci kontak di ON kan, arus listrik dari baterai mengalir melewati rangkaian sikring kemudian ke terminal 50 dari switch starter.
bersamaan dengan itu ada pula sebagian arus listrik yang mengalir ke terminal 30 dari switch starter yang sanggup menimbulkan kemagnetan dari kumparan Pull in Coil dan Hold in Coil dari switch starter yang menarik plunyer switch starter sehingga drivel lever mendorong kopling dan pinion gear ke fly wheel gear
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM STARTER
1. LAKUKAN PENGUKURAN PADA KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)a. Pengukuran komutator korelasi terbuka
Jika terdapat hubungan, maka armature baik namun jikalau tidak terdapat korelasi maka kontinuitas armature putus
b. Pengukuran komutator korelasi masa
Jika tidak terdapat huungan maka armature baik, namun jikalau terdapat korelasi maka kontinuitas armature bocor
2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL
c. Pengukuran sirkuit Field Coil korelasi terbuka
Jika terdapat korelasi maka field coil baik namun jikalau tidak terdapat korelasi maka continuitas field coil putus
d. Pengukuran sirkuit Field Coil korelasi massa
Jika tidak terdapat korelasi maka field coil baik namun jikalau terdapat korelasi maka continuitas dari field coil bocor
3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN RANGKAIAN SIKAT
Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe starter yang di gunakan oleh kendaraan masing-masing namun jikalau sikat masih panjang dan kondisinya masih baik (belum aus dan rompal) tidak perlu diganti
Pada Pengukuran isolasi sikat seharusnya tida ada korelasi namun jikalau ada korelasi maka rangkaian sikat harus di ganti
4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN PINION GEAR
KERUSAKAN - KERUSAKAN MOTOR STARTER
1. Rangkaian sikat dan sikat sudah aus atau putus
2. Kumparan switch starter rusak
3. Kumparan Field Coil Bocor atau putus
3. Sepatu kutub terbakar
3. Sikring putus
4. Baterai sudah aus
SUMBER : https://serbaserbi-1.blogspot.com//search?q=sistem-bate2rai
SUMBER : https://serbaserbi-1.blogspot.com//search?q=sistem-bate2rai
Belum ada Komentar untuk "Sistem Starter"
Posting Komentar
Catatan Untuk Para Jejaker