Contoh Makalah Sistem Rem Pembantu Laporan Pkl Dan Kiprah Simpulan Kuliah

Contoh Makalah Sistem Rem Pembantu Laporan Pkl Dan Kiprah Simpulan Kuliah
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang karena Rahmat-Nya, saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah rem tepat pada waktunya, dan rasa terima kasih pada semua pihak  baik dosen maupun mahasiswa yang telah mendukung dalam pembuatan makalah ini.
Ilmu Bahan merupakan mata kuliah program studi pendidikan teknik mekatronika, salah satu materinya yang diberikan ialah rem. Makalah rem dirancang untuk digunakan sebagai sarana dalam acara mencar ilmu untuk mahasiswa jurusan pendidikan teknik mekatronika  untuk menjadi seorang engineer yang andal  dalam  bidangnya.  Makalah  ini  memuat  ringkasan  teori  dari  berbagai  sumber  yang disusun secara ringkas dan sistematis.
Saya menyadari bahwa proses penyusunan makalah yang ringkas dan sistematis, merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Demikian pula dalam teknik penulisan dan tata bahasa tak luput dari kesalahan dan kekurangan.
Dari kesadaran tersebut, saya sangat mengharapkan saran, kritik maupun masukan dari pembaca dan pemakai makalah rem ini, guna penyempurnaan pada masa mendatang.
Penghargaan yang setinggi-tinginya saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya makalah rem ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasaa memberikan limpahan rahmat, petunjuk dan bimbingan-Nya terhadap setiap niat baik kita.

Tegal, 18 September 2015


Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................        2
DAFTAR ISI...............................................................................................        3
BAB I PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG....................................................................        5
      B.  RUMUSAN MASALAH................................................................        5
      C.  TUJUAN PENULISAN..................................................................        5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.  SISTEM REM.................................................................................        6
1.  Pengertian Sistem Rem...............................................................        6
2.  Prinsip Sistem Rem.....................................................................        6
3.  Tipe Rem.....................................................................................        7
3.1   Rem Kaki.............................................................................        7
3.2   Rem Parker..........................................................................        8
3.3   Rem Tambahan....................................................................        8
B.  REM KAKI.....................................................................................        8
1.  Uraian Rem Kaki........................................................................        8
2.  Master Silinder............................................................................        9
3.  Booster Rem...............................................................................        11
4.  Katup Proporsi............................................................................        13
5.  Sistem rem Anti-Lock Brake System............................................        14
C.  REM TROMOL..............................................................................        16
1.  Komponen Roda.........................................................................        17
1.1   Backing Plat........................................................................        17
1.2   Silinder Roda.......................................................................        17
1.3   Sepatu Rem dan Kanvas Rem.............................................        18
1.4   Tromol Rem.........................................................................        18
2.  Tipe Rem Tromol........................................................................        19
2.1   Tipe Leading dan Tipe Trailing...........................................        19
2.2   Tipe Two Leading...............................................................        20
2.3   Tipe Uni-Servo....................................................................        22
2.4   Tipe Duo Servo....................................................................        22
D.  REM CAKRAM.............................................................................        23
1.  Uraian Rem Cakram....................................................................        23
2.  Komponen Rem Cakram.............................................................        25
2.1   Piringan................................................................................        25
2.2   Pad Rem..............................................................................        25
2.3   Jenis Caliper.........................................................................        26
2.3.1   Tipe Fixed Caliper(double piston).............................        27
2.3.2   Tipe Semi-floating.....................................................        27
a.   Tipe Semi-floating (tipe PS)...............................        28
a.   Tipe Full Floating................................................        28
1) Tipe F...............................................................        28
2) Tipe FS............................................................        28
3) Tipe AD...........................................................        29
3) Tipe PD............................................................        29
E.  REM PARKER...............................................................................        30
1.  Uraian Rem Parker......................................................................        30
2.  Cara Kerja...................................................................................        31
F.  EXHAUST BREAK.........................................................................        33
1.  Uraian Exhaust Break.................................................................        33
2.  Prinsip Kerja................................................................................        33
2.1   Syarat operasional exhaust brake.........................................        33
2.2   Cara operasional..................................................................        33
G.  BAHAN-BAHAN PENYUSUN REM..........................................        33
H.  PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM SISTEM REM                  34
BAB III PENUTUP                                                                                     
A.   KESIMPULAN....................................................................................        36
B.   SARAN.................................................................................................        38
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................        39
BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Rem mempunyai peranan yang sangat penting dalam teknik kendaraan dan teknik transportasi   dem keamaan   dan   keselamata dalam   berkendara.   Pada   dasarnya   rem mempunyai fungsi  untuk memperlambat dan mengatur gerakan suatu putaran. Adapun rem yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut (dapat bekerja dengan baik dan cepat, sanggup diandalkan dan mempunyai daya tekan yang cukup, mudah diperiksa dan disetel)
Walaupun  sistem  rem  itu  sangatlah  penting,  namun  banyak  diantara  masyarakat umum yang belum memahami dan mengerti fungsi, cara kerja dan jenis-jenis dari rem tersebut. Oleh lantaran itu  penulis membuat makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi, cara kerja, dan jenis-jenis dari rem itu sendiri. Dengan adanya makalah ini diharapkan kita bisa lebih mengenal fungsi, cara kerja dan jenis-jenis rem serta bisa menambah dan memperluas wawasan kita terutama mengenai sistem rem.

B.       RUMUSAN MASALAH
Beberapa permasalah yang diangkat dalam penulisan makalah ini adalah
1.      Apa itu fungsi rem?
2.      Apa saja jenis rem dan bagaimana prosedur kerja rem?
3.      Apa saja materi pembuat pada komponen rem?
4.      Apa saja permasalahan yang sering terjadi pada sistem rem?

C.    TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah
1.    Mengetahui fungsi dari rem.
2.    Mengetahui jenis dari rem dan prosedur kerja rem.
3.    Mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk komponen pada rem.
4.    Mengetahui permasalahan yang sering terjadi pada rem.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.      SISTEM REM
1.    Pengertian Sistem Rem
Rem di rancang untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan serta untuk memungkinkan parker pada kawasan yang menurun. Peralatan ini sangat penting sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. (Sumber: New Step 1 Training)
Menurut para andal permobilan rem merupakan kebutuhan sangat penting untuk keamanan berkendara dan juga sanggup berhenti di kawasan manapun, dan dalam aneka macam kondisi sanggup berfungsi dengan baik dan aman.
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
Gambar 1. Sistem rem mobil
2.      (Sumber: New Step 1 Training)
3.    Prinsip Sistem Rem
         Kendaraan tidak sanggup berhenti dengan segera apabila mesin d bebaskan (tidak di hubungkan) dengan pemindahan daya, kendaraan cenderung tetep bergerak. Kelemahan ini harus di kurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi kinetic kembali menjadi energy panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja di sebabkan oleh adanya sistem gabungan pengutamaan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (breaking effect) diperoleh dari adanya tabrakan yang ditimbulkan antara dua objek.
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
Gambar 2. Pengereman kanvas terhadap tromol dan pengereman roda terhadap jalan
(Sumber: New Step 1 Training)
4.    Tipe Rem
     Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor sanggup di golongkan menjadi beberapa tipe tergantung penggunaannya.
1.3.1.      Rem kaki
Rem kaki (foot break) di gunakan untuk mengontrol kecepatan kendaraan beroda empat dan menghentikan kendaraan.

1.3.2.      Rem parker
Rem parkir (parking break) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan.
1.3.3.      Rem tambahan
Rem suplemen (auxiliary break) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang digunakan pada truk diesel atau kendaraan berat.
Selanjutnya “engine brake” adakalanya digunakan untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Braking effect ditimbulkan oleh tahanan putaran dari mesin itu sendiri, tidak ada peralatan khusus. Contohnya menyerupai dua orang saling berpegangan sambil berlari, walaupun yang depan cepat tapi ia akan mengimbangi yang belakang dengan larinya lambat.

B.       REM KAKI
1.      Uraian Rem Kaki
Rem kaki (foot break) dikelompokkan menjadi dua tipe rem : rem hidraulik (hydraulic break) dan rem pneumatic (pneumatic break). Rem hidraulik lebih merespon dan lebih cepat disbanding tipe lainnya, dan konstruksinya lebih gampang dan sederhana.
Rem hidraulik juga mempunyai konstruksi khusus yang handal (superior design flexibility). Dengan adanya laba tersebut, rem hidraulis banyak digunakan pada kendaraan penumpang dan truk ringan.
Sistem rem pnuematik termasuk kompresor atau sejenisnya yang menghasilkan udara yang bertakanan yang digunakan untuk menambah daya pengereman. Banyak digunakan pada truk dan bus.
Bekerjanya rem hidraulik sebagai berikut.
Rem menekan prosedur rem dan menyalurkan tenaga rem dan prosedur pengereman akan menjadikan gaya pengereman.
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
Gambar 3. Mekanisme kerja rem
(Sumber: New Step 1 Training)
2.      Master Silinder (master cylinder)
Master silinder mengubah gerak pedal rem kedalam tekanan hidraulis. Master silinder terdiri dari reservoir tank, yang berisi minyak rem, demikian juga piston dan silinder, yang membangkitkan tekanan hidraulik.
Ada dua tipe master silinder yaitu tunggal dan tandem. Untuk master silinder tandem atau ganda banyak digunakan pada kendaraan beroda empat masa sekarang daripada memakai master silinder tunggal. (sumber : new step pembinaan manual)
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
 (Sumber: New Step 1 Training)

program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
(Sumber: New Step 1 Training)
program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
Gambar 4. Tipe-tipe master silinder
(Sumber: New Step 1 Training)
Pada master silinder ganda (tandem) sistem hidraulik dipisahkan menjadi dua, masing-masing untuk depan dan belakang. Dengan demikian kalau salah satu sistem tidak bekerja maka sistem lainnya masih sanggup digunakan.



program studi pendidikan teknik mekatronika Contoh Makalah Sistem Rem pembantu laporan PKl dan Tugas Akhir Kuliah
Gambar 5. Master silinder ganda
(Sumber: New Step 1 Training)
3.      Booster Rem (break booster)
Tenaga pengutamaan pada pedal rem dari seorang pengemudi tidak berpengaruh untuk segera sanggup menghentikan kendaraan. Booster rem melipat gandakan daya pengutamaan pada pedal sehingga diperoleh daya pengereman yang lebih besar.
Booster rem sanggup di pasang menjadi satu dengan master silinder atau sanggup juga dipasang secara terpisah dari master silinder itu sendiri. Tipe integral banyak digunakan pada penumpang dan truk kecil.
Booster rem mempunyai diaprham (membran) yang bekerja dengan adanya perbedaan tekanan antara atmosfir dan kevakuman yang dihasilkan dari intake manifold mesin. Master silinder dihubungkan dengan pedal dan membran untuk memperoleh daya pengereman yang besar dari langkah pedal minimum.
Bila bosster rem tidak sanggup berfungsi dikarenakan satu dan hal lain, booster dirancang sedemikian rupa sehingga hanya tenaga boosternya saja yang hilang. Dengan sendirinya rem akan memerlukan gaya pengutamaan pedal yang lebih besar, tetapi kendaraan sanggup direm dengan normal tanpa sumbangan booster.
Untuk kendaraan yang digerakkan oleh mesin diesel, booster remnya diganti pompa vakum lantaran kevakumannya yang terjadi pada intake manifold pada mesin diesel tidak cukup kuat.
Gambar 6. Booster rem
(Sumber: New Step 1 Training)
Boster rem terutama dari rumah booster, piston booster, membran, reaction mechanism, prosedur katup pengontrolan. Bosy booster dibagi menjadi penggalan depan dan belakang, dan masing-masing ruang dibatasi dengan membran dan piston booster.
Mekanisme katup pengotrol mengatur tekanan didalam ruang tekan variasi. Termasuk katup udara, katup vakum, katp pengontrol dan sebagainya yang berafiliasi dengan pedal rem melalui batang pencetus katup.





4.      Katup Proposi (propostioning valve)

Gambar 7. Katup P
(Sumber: New Step 1 Training)
Kendaraan tidak boleh dengan adanya tabrakan antara ban dan jalan. Gesekan ini akan bertambah sesuai dengan adanya pembagian beban ban pada jalan. Biasanya kendaraan yang mesinnya terletak didepan, penggalan depannya lebih berat dibandingkan dengan penggalan belakangnya. Bila kendaraan direm, maka titik sentra gravitasi akan pindah kedepan (bergerak maju) disebabkan adanya gaya inersia, dan lantaran adanya beban yang besar menyatu pada penggalan depan.
Gambar 8. Titik berat kendaraan beroda empat berpindah jawaban pengereman
(Sumber: New Step 1 Training)
Bila daya cengkram pengeremannya berlaku sama terhadap ke empat rodanya, maka roda belakang akan terkunci (menyebabkan slip antara ban dan permukaan jalan) ini disebabkan oleh daya pengereman terlalu besar. Dengan terkuncinya  rod belakang menyerupai ekor ikan.
Dengan alasan tersebut maka diharapkan alat pembagi tenaga sehingga sanggup diberikan pengereman yang lebih besar untuk roda depan daripada roda belakang.
Alat tersebut disebut “katup pengimbang” atau biasa disebut katup P. Alat ini bekerja secara otomatis menurunkan tekanan hidraulik pada silinder  roda belakang, dengan demikian daya pengereman (daya cengkeram) pada roda belakang akan berkurang.
Disamping katup P, imbas yang sama juga sanggup diperoleh oleh load sensing and proportioning valve (LSPV) yang merubah tekanan awal split point  dari roda-roda belakang sesuai dengan beban, proportioning and by-pass valve ( P & BV) yang meneruskan tekanan master silinder pribadi ke silinder roda tanpa melalui katup P kalau sistem rem depan tidak sanggup berfungsi, katup deceleration-sensing and proportioning valve (DSPV) yang membedakan tekanan awal split point sesuai dengan deselerasi selama pengereman, dan perlengkapan lainnya.
5.      Sistem Rem Anti-Lock Brake System (ABS)
Rem ABS ini diciptakan hanya untuk mencegah terkuncinya roda-roda belakang selama pengereman secara tiba-tiba, tetapi juga untuk mengontrol roda-roda depan semoga kendaraan tidak berputar atau slip serta menjaga pengendalian kemudi dengan baik.
Perhatian :
1)    Bila kendaraan mulai bergerak ada tanda-tanda slip, akan sanggup diperbaiki dengan adanya gerakan lebih gampang menghindar dari rintangan.
2)    Bila rem bekerja selama kendaraan membelok, kendaraan sanggup berhenti dengan kondusif tanpa mengalami perubahan langsung.
Tabel 1. Fungsi sensor pada ABS
Komponen
Fungsi
Speed sensors depan
Mendeteksi kecepatan roda pada masing-masing roda depan
Speed sensors belakang
Mendeteksi kecepatan pada roda pada masing-masing roda belakang
Switch lampu rem
Mendeteksi tanda pengereman dan mengirimkan ke komputer A.B.S
Lampu peringatan Anti-lock (ANTI-LOCK Warning light)
Lampu menyala untuk memberi tanda semoga pengemudi siaga ketika anti-lock brake system ada yang tidak berfungsi
A.B.S
Untuk mengontrol tekanan minyak rem pada masing-masing silinder disc brake
A.B.S computer
Dengan signal-signal dari masing-masing speed sensor ia menghitung jumlah akselerasi dan deselerasi dan mengirim signal-signal ke aktuator ke pengontrol tekanan minyak rem
(Sumber: New Step 1 Training)





C.      REM TROMOL
Pada rem tipe tromol, kekuatan tenaga pengereman diperoleh dari sepatu rem yang membisu menekan permukaan tromol penggalan dalam yang berputar gotong royong dengan roda. Karena “self energizing action” ditimbulkan oleh teanga putar tromol dan tenaga pengereman yang besar diakibatkan perjuangan pedal yang kecil.
Gambar 9. Tromol rem
 (Sumber: New Step 1 Training)
Self energizing action:
        Ada dua jenis sepatu rem, menyerupai diperlihatkan pada gambar jenis leading trailing. Bila ujung penggalan atas (atau toe) pada sepatu rem didorong kearah tromol rem yang berputar pada menyerupai anak panah (arah maju), sepatu rem cendenrung melengket pad tromol dan berputar. Sepatu rem ini disebut “leading shoe”. Dilain pihak, ujung atas sepatu penggalan belakang terdorong ke dalam tromol yang cenderung mengembang keluar, ini disebut  trailing shoe.
Kerjanya tromol mencoba mendorong leading shoe berputar bersama tromol, dan ini disebut self energizing atau self servo. Self energizing bekerja menjadikan gaya pengereman yang cukup besar. Dilain pihak, daya balik yang berlaku pada trailing shoes mengurangi daya pengereman yang cukup besar pada sepatu tersebut. Perbandingan tenaga pengereman dilakukan dengan leading shoe dan trailing shoe diperkirakan 3:1. Leading shoe menghasilkan daya pengereman yang lebih baik, dan kelemahannya ialah lebih cepat aus daripada trailing shoe.

1.         Komponen Roda
1.1. Backing plat
Backing plat di buat dari baja pres  yang dibentuk pada axle housing atau axle carier penggalan belakang. Karena sepatu rem terkait pada backing plat, maka agresi daya pengereman tertumpu pada backing plate.
Bila permukaan gesek sepatu rem aus berlebihan, rem akan bergetar. Sepatu rem harus diperiksa secara diteliti setiap kali  rem dibongkar untuk mencegah problem tersebut.

1.2. Silinder roda
Silinder roda terdiri dari beberapa komponen menyerupai yang terlihat pada gambar. Setiap roda memakai satu atau dua buah silinder roda. Ada sistem yang memakai dua piston untuk menggerakkan kedua sepatu rem, yaitu satu piston untuk setiap silinder roda, sedangkan sisi lainnya hanya memakai satu piston untuk menggerakkan hanya sepatu rem.
Apabila rem tidak bekerja, maka piston akan kembali ke posisi semula dengan adanya kekuatan pegas pembalik septu rem, dan pegas kompresi yang mengkerut.


Gambar 10. Silinder roda
(Sumber: New Step 1 Training)
1.3. Sepatu rem dan kanvas rem
Sepatu rem , menyerupai juga tromol mempunyai bentuk setengah lingkaran. Biasanya sepatu rem dibentuk dari pelat baja. Kanvas rem dipasang dengan jalan dikeling (pada kendaraan besar) atau dilem (pada kendaraan kecil) pada permukaan yang bergesekan dengan tromol. Kanvas ini harus sanggup menahan panas dan aus dan harus mempunyai koofisien gesek yang tinggi. Koofisien tersebut harus bisa bertahan oleh keadaan temperature yang berubah ubah. Umumnya kanvas (lining) terbuat dari adonan fiber metallic, brass, lead, plastic, dan sebagainya dan diproses dengan ketinggian panas tertentu.

1.4. Tromol rem
Tromol rem umumnya terbuat dari besi tuang (gray iron gras) dan gambar penampangnya menyerupai terlihat pada gambar dibawah. Tromol re mini letaknya sangat erat dengan sepatu rem tanpa bersentuhan da berputar bersama roda. Ketika kanvas menekan permukaan penggalan dalam tromol kalau rem bekerja, maka tabrakan panas tersebut sanggup mencapai suhu setinggi 200 sampai 300.
Gambar 11. Tromol rem
(Sumber: New Step 1 Training)
2.    Tipe Rem Tromol
            2.1. Tipe leading dan tipe trailing
Seperti terlihat pada gambar, penggalan ujung atas masing-masing sepatu rem ditekan membuka oleh silinder roda (wheel cylinder), sedangkan penggalan ujung bawah berputar atau mengembang. Tipe ini hanya terdapat pada silinder roda tunggal (single wheel cylinder)
Bila tromol berputar kearah depan, menyerupai arah panah, dan pedal rem di injak, maka penggalan ujung atas sepatu ditekan mambuka ke sekeliling ujung bawah oleh silinder roda dan berlaku daya pengereman terhadap tromol.  Sepatu penggalan kiri disebut leading shoe dan sepatu kanan disebut trailing shoe.
Gambar 12. Tipe leading trailing
(Sumber: New Step 1 Training)
Bila tromol berputar pada arah berlawanan (arah mundur), maka leading shoe menjadi trailing shoe dan sebaliknya. Tetapi kedua-duanya tetap menekan dengan gaya pengereman yang sama dengan pada ketika putaran maju. Leading shoe lebih cepat aus dibandingkan dengan trailing shoe, kalau rem sering digunakan dalam putaran gerak maju.
Tipe ini digunakan pada rem belakang kendaraan penumpang dan kendaraan jenis komersil.

2.2. Tipe two leading
Tipe two leading shoe dibagi menjadi 2 : single action dan double action. Tipe single action two leading shoe mempunyai dua silinder roda yang masing-masing mempunyai satu piston pada tiap sisinya. Bila rem bekerja, kendaraan dalam kondisi perak maju, maka kedua sepatu akan berfungsi sebagai leading shoe.
Gambar 13. Tipe double action
Gambar 14. Tipe single action
(Sumber: New Step 1 Training)
Apabila tromol berputar pada arah jarum panah (maju), maka tipe ini mempunyai tekan pengereman yang tinggi. Tetapi, ada suatu kerugian pada tipe ini, kalau rem berputar dalam arah yang berlawanan, maka kedua sepatu akan bekerja sebagai trailing shoe dan menghasilka tenaga dan menghasilkan tenaga pengereman yang kecil.
Tipe ini digunakan pada rem depan kendaraan penumpang dan niaga. Tipe double action two leading mempunyai dua silinder roda, dan pada setiap sisinya terdapat dua torak. Bila tipe single action bekerja sebagai self energizing force dalam satu arah saja. Maka tipe double action ini efisiensi dalam dua arah, maju dan arah mundur. Tipe ini banyak digunakan pada rem belakang kendaraan niaga.



2.3. Tipe uni-servo
Tipe uniservo mempunyai silinder roda tunggal dengan satu piston saja, dan penyetelannya berafiliasi dengan sepatunya.
Bila torak didalam wheel cylinder mendorong penggalan atas kiri hingga menyentuh tromol, maka fungsi sepatu-sepatu sebagai leading shoe, dan bekerja dengan daya pengereman yang tinggi. Juga, terdapat kelemahan pada tipe ini, dimana kalau tromol berputar pada arah yang berlawanan, maka kedua sepatu rem berfungsi sebagai trailing shoe dan hanya bisa menghasilkan daya pengereman yang kecil.
Gambar 15. Tipe uni-servo
       (Sumber: New Step 1 Training)
2.4. Tipe duo servo
Tipe ini merupakan versi penyempurnaan uni-servo yang mempunyai dua piston pada setiap silinder rodanya. Selama silinder roda menekan sepatu rem selama bekerja, maka tipe ini mempunyai gaya pengereman yang tinggi terhadap tromol tanpa terpengaruh oleh gerak putaran roda.

Gambar 16. Tipe duo servo
(Sumber: New Step 1 Training)
D.      REM CAKRAM
1.    Pengertian Rem Cakram
Rem cakram (disc brake) intinya terdiri dari cakram yang terbuat dari besi tuang (disc rotor) yang berputar dengan roda dan materi gesek (dalam hal ini disc pad) yang mendorong da menjepit cakram. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya tabrakan antara disc pad dan cakram.
Gambar 17. Kerja cakram
(Sumber: New Step 1 Training)
Karateristik dari cakram hanya mempunyai sedikit agresi energi sendiri (self energizing action), daya pengereman itu sedikit dipengaruhi oleh fluktuasi koofisen gesek yang menghasilkan kestabilan tinggi. Selain itu, lantaran permukaan bidang gesek selalu terkena udara, radiasi panasnya terjamin baik, ini sanggup mengurangi dan menjamin dari terkena air.
Rem cakram  mempunyai batasan pembuatan pada bentuk dan ukuran. Ukuran disc pad agak terbatas dan ini berkaitan dengan agresi self energizing limited. Sehingga perlu suplemen tekanan hidraulik yang lebih besar untuk mendapatkan gaya pengereman yang efisien. Pad juga akan lebih cepat aus daripada sepatu rem pada rem tromol. Tetapi konstruksi yang sederhana gampang pada perawatan serta penggantian pad.
Gambar 18. Unit cakram
(Sumber: New Step 1 Training)
2.    Komponen Rem Cakram
2.1. Piringan
Umumnya cakram atau piringan (disc rotor) dibentuk dari  besi tuang dalam bentuk biasa (solid) dan berlubang-lubang untuk ventilasi. Tipe cakram lubang terdiri dari dari pasangan piringan yang berlubang untuk menjamin pendinginan yang baik, kedua-duanya untuk mencegah fading dan menjamin umur pad panjang atau tahan lama.
Gambar 19. Tipe piringan untuk rem cakram
(Sumber: New Step 1 Training)
2.1. Pad Rem
Pad (disc pad) biasa dibentuk dari adonan metalic fiber dan sedikit serbuk besi. Tipe ini disebut dengan “semi metalic disc pad”. Pada pad diberi garis celah untuk pertanda tebal pad (batas yang dijinkan). Dengan demikian sanggup mempermudah pengecekan keausan pad.
Pada beberapa pad, penggunaan metalic plate (disebut dengan anti-squel shim) dipasangkan pada sisii piston untuk mencegah bunyi ketika berlaku pengereman.
Gambar 20. Pad dan shim pada rem cakram
(Sumber: New Step 1 Training)
2.1. Jenis Caliper
Caliper juga disebut calyper body, memegang piston-piston dan dilengkapi dengan terusan gimana minyak rem disalurkan ke silinder.
Caliper dikelompokkan sebagai berikut berdasarkan jenis pemasangannnya.
2.1.1.      Tipe fixed caliper (double piston)
Caliper dipasangkan sempurna pada axle atau strut. Seperti gambar dibawah , pemasangan caliper dilengkapi dengan piston. Daya pengereman didapat apabila pad ditekan piston secara hidraulis pada kedua ujung piringan atau cakram. Fixed caliper yaitu dasar desain yang sangat baik dan dijamin sanggup bekerja lebih akurat. Namun demikian radiasinya panas terbatas lantaran silinder rem berada antara cakram dan velg, mengakibatkan sulit tercapainya pendinginan. Untuk ini membutuhkan penambahan komponen yang banyak. Untuk megatasi hal tersebut, jenis caliper fixed ini, sudah jarang digunakan.

Gambar 21. Kaliper double piston
(Sumber: New Step 1 Training)

2.1.2.      Tipe fixed caliper (double piston)
Untuk jenis ini piston hanya ditempatkan pada satu kaliper saja, tekanan hidraulis dari master silinder mendorong piston dan selanjutnya menekan rotor disc. Pada ketika yang sama tekanan hidraulis menekan sisi pad. Ini menyebabkan  kaliper bergerak ke kanan dan menjepit cakram dan terjadilah perjuangan pengereman.
Gambar 22. Kaliper tipe single piston
(Sumber: New Step 1 Training)
2.1.3.      Tipe semi-floating
Caliper tipe semi floating mendapatkan tenaga pengereman yang dibangkitkan dari pad penggalan luar. Pada kaliper tipe full-floating, kemampua pengereman dibangkitkan oleh kedua pad dengan torque plate. Caliper floating banyak digunakan pada kendaraan penumpang modern.
a.         Tipe semi floating (tipe PS)
Kaliper dipasangkan dengan sumbangan dua buah pen pada torque plate. Apabila rem bekerja maka body bergerak masuk dengan adanya gerakan piston. Tekanan pengereman yang berlaku pada pad penggalan luar diterima oleh caliper dan meneruskan momen ke pin pada arah putaran.
Gambar 23. Tipe PS
(Sumber: New Step 1 Training)
b.    Tipe full floating
1)              Tipe F
Tipe F mempunyai caliper yang ditunjang oleh torque plate sedemikian rupa sehingga memungkinkan sanggup meluncur. Arm akan maju dan caliper untuk memindahkan gerak piston untuk menekan pad penggalan luar.
2)              Tipe FS
Caliper ini dipasang dengan memakai dua pin (main pin dan sub pin) pada torque plate yang dibautkan pada caliper itu sendiri. Caliper dan dua pin digerakkan sebagai satu unit oleh piston. Reaksi tenaga dari inner dan outer pad diterima oleh torque plate dengan demikian momen tidak diteruskan ke pin.
Selanjutnya, penggalan yang meluncur pada caliper (main dan sub pin) disembunyikan seluruhnya. Hal ini merupakan desain yang sanggup menambah keandalan pada penggalan ini.
Tipe FS agak kurang terseretnya dibandingkan dengan tipe F dan sering digunakan pada rem kendaraan luxury.
3)              Tipe AD
Untuk tipe ini main pin pada tipe AD yaitu press-fitted pada torque plate bersamaan dengan sub pin yang dibautkan. Stainless steep plate (suatu pin untuk mengurangi bunyi, anti squel shim) dipasang pada pad dan penggalan torque plate yang bersentuhan untuk mencegah bunyi yang kurang lezat dan keausan pad.  Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan tipe menengah.
4)              Tipe PD
Tipe PD intinya sama dengan tipe AD kecuali pada main pin dan sub pin saja yang di baut pada torque plate. Tipe PD ini digunakan pada rem depan kendaraan penumpang yang kecil.

Gambar 24. Tipe PD
(Sumber: New Step 1 Training)

E.       REM PARKER
1.    Uraian Rem Parker
Rem parkir banyak digunakan untuk parker kendaraan. Mobil penumpang dan kendaraan niaga yang kecil, atau rem parker eklusif yang dihubungkan pada rem belakang.
Kendaraan niaga yang besar memakai rem parkir tipe center brake yang dipasangkan antara propeller shaft dan tranmisi. Sistem rem parkir terdiri dari tuas rem, stick atau pedal, kabel tipe prosedur batang dan tromol rem dan sepatu rem yang membangkitkan daya pengereman.

Gambar 25. Konstruksi rem parkir
(Sumber: New Step 1 Training)
2.    Cara Kerja
Mekanisme kerja pada rem parkir intinya untuk tipe rem parkir belakang dan tipe center brake. Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan kawasan duduk pengemudi. Dengan menarik tuas rem parkir, maka rem akan bekerja melalui kabel yang dihubungkan dengan tuas.
Ada beberapa tipe tuas rem parkir, bergantung pada design kawasan duduk pengemudi dan sistem kerja yang dikehendaki.

Gambar 26. Macam tuas rem parkir
(Sumber: New Step 1 Training)
Tuas rem parkir dilengkapi dengan ratchet untuk  mengatur tuas rem pad posisi pengetesan. Pada beberapa tuas rem parkir mur penyetelnya erat denga tuas rem, dengan demikian penyetelan jarak tuas sanggup dengan gampang disetel.
Gambar 27. Konstruksi tuas rem parkir
(Sumber: New Step 1 Training)
Kabel rem parkir memindahkan gerakan tuas ke tromol rem sub-assembly. Pada rem parkir roda belakang, dibagian tengah kabel diberi equalizer untuk menyamakan daya kerjanya tuas pada kedua roda-roda
Tuas intermediate dipasang untuk menambah gaya pengoperasian.

Gambar 28. Pengaitan sulur rem parkir pada ban
(Sumber: New Step 1 Training)
F.       EXHAUST BREAK
1.    Uraian Exhaust Break
Adalah sistem rem yang memakai gas buang untuk melaksanakan pengereman.
2.      Prinsip kerja :
Menahan laju gasa buang pada exhaust manifold
2.1. Syarat operasional exhaust brake
a.     Main switch on.
b.    Gigi tranmisi posisi netral.
c.     Laju kendaraan lebih besar dari atau sama dengan 15km/jam
2.2.   Cara operasional
a.     Pedal posisi bebas

G.    BAHAN-BAHAN PENYUSUN REM
1.                  Baja pres merupakan materi pembuat backing plat, yang dibentuk pada axle housing atau axle carier bagian belakang
2.      Pelat baja merupakan materi pembuat sepatu rem. Umumnya kanvas(lining) terbuat dari adonan fiber metallic, brass, lead, plastik, dan sebagainya dan diproses dengan ketinggian panas tertentu.
3.      Besi tuang merupakan materi pembuat Tromol rem, Piringan Rem Cakram. Besi bernafsu kelabu yang dicairkan gotong royong dengan besi renta dan baja. Bahan suplemen yang digunakan biasanya kapur, silisium yang memperkuat dan mempertinggi titik cair. Agar materi menjadi kulaitas terbaik maka harus ditambahkan nikel atau krom ketika proses peleburan.
4.      Campuran metalic fiber dan sedikit serbuk besi merupakan bahas pembuat pad rem.

H.    PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM SISTEM REM
1.         Gejala : Gerakan pedal rem terlaludekat dengan lantai
Penyebab:
a.    Minyak rem pada master cylinder terlalu rendah.
b.    Kanvas rem (lining) rem sudah aus
c.    Sepatu rem terpasang tidak sebagaimana mestinya
d.   Kebocoran pada wheel cylinder
e.    Kanvas rem kendor atau pecah
f.     Kebocoran atau keausan pada master cylinder
g.    Ada udara dalam sistem hidrolisnya(masuk angin)
h.    Self adjuster tidak bekerja

2.         Gejala: Semua rem seret(bhs Jawa)
Penyebab :
a.    Rem parkir terpasang
b.    Wheel cylinder macet
c.    Pegas pengembali sepatu rem lemah atau patah
d.   Pedal rem macet
e.    Seal master cylinder macet
f.     Penyetelan push rod master cylinder tidak tepat
g.    Lubang kompensasi pada master cylinder tersumbat.

3.         Gejala: Rem membanting kesatu arah
Penyebab :
a.    Bearing roda depan kendor/rusak
b.    Teromol tidak bulat (nganthong)
c.    Celah sepatu rem pada salah satu teromol terlalu rapat
d.   Pegas pengembali lemah/patah
e.    Tekanan ban tidak sama antara roda kiri dan roda kanan
f.     FWA tidak tepat

4.         Gejala: Injakan pedal rem terlalu kasar
Penyebab :
a.    Ada udara dalam sistem hidrolis
b.    Teromol aus atau retak
c.    Minyak tidak sesuai (titik didih rendah)

5.         Gejala: Roda terkunci
Penyebab :
a.    Kanvas rem kendor/lepas
b.    Seal wheel cylinder macet
c.    Backing plate kendor
d.   Setelan bearing tidak tepat

6.         Gejala: Rem selip
Penyebab :
a.    Ada gemuk/minyak rem pada kanvas
b.    Backing plate kendor
c.    Teromol tidak bulat
d.   Teromol cacat.







BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Beberapa kesimpulan yang sanggup diambil dari penulisan makalah ini adalah:
1.      Rem di rancang untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan serta untuk memungkinkan parker pada kawasan yang menurun. Peralatan ini sangat penting sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. Menurut para andal permobilan rem merupakan kebutuhan sangat penting untuk keamanan berkendara dan juga sanggup berhenti di kawasan manapun, dan dalam aneka macam kondisi sanggup berfungsi dengan baik dan aman.
2.      Tipe Rem
     Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor sanggup di golongkan menjadi beberapa tipe tergantung penggunaannya :
a.     Rem kaki
Rem kaki (foot break) di gunakan untuk mengontrol kecepatan kendaraan beroda empat dan menghentikan kendaraan.
b.    Rem parker
Rem parkir (parking break) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan.
c.     Rem tambahan
Rem suplemen (auxiliary break) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang digunakan pada truk diesel atau kendaraan berat.
3.      Pinsip kerja rem ketika kendaraan tidak sanggup berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan (tidak di hubungkan) dengan pemindahan daya, kendaraan cenderung tetep bergerak. Kelemahan ini harus di kurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi kinetic kembali menjadi energy panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja di sebabkan oleh adanya sistem gabungan pengutamaan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (breaking effect) diperoleh dari adanya tabrakan yang ditimbulkan antara dua objek.
4.      Bahan-bahan pembuat pada komponen rem yaitu :
a.    Baja pres merupakan materi pembuat backing plat, yang dibentuk pada axle housing atau axle carier bagian belakang.
b.    Pelat baja merupakan materi pembuat sepatu rem. Umumnya kanvas(lining) terbuat dari adonan fiber metallic, brass, lead, plastik, dan sebagainya dan diproses dengan ketinggian panas tertentu.
c.    Besi tuang merupakan materi pembuat Tromol rem, Piringan Rem Cakram. Besi bernafsu kelabu yang dicairkan gotong royong dengan besi renta dan baja. Bahan suplemen yang digunakan biasanya kapur, silisium yang memperkuat dan mempertinggi titik cair. Agar materi menjadi kulaitas terbaik maka harus ditambahkan nikel atau krom ketika proses peleburan.
d.   Campuran metalic fiber dan sedikit serbuk besi merupakan bahas pembuat pad rem.
5.      Permasalahan yang sering terjadi dalam sistem rem
a.    Gejala : Gerakan pedal rem terlaludekat dengan lantai
b.    Gejala: Semua rem seret(bhs Jawa)
c.    Gejala: Rem membanting kesatu arah
d.   Gejala: Injakan pedal rem terlalu kasar
e.    Gejala: Roda terkunci
f.     Gejala: Rem selip




B.     SARAN
a.    Dalam sistem rem ini, pengguna kendaraan diharapkan memahami fungsi rem, jenis-jenis rem, serta permasalahan yang sering terjadi pada sistem rem.
b.    Sebaiknya pemerintah mensosialisasikan pentingnya mengetahui fungsi dari setiap jenis rem, dan permasalahan yang sering terjadi pada rem.
c.    Makalah ini sanggup dijadikan materi rujukan penulis selanjutnya.
























DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 1997. New Step 1 Training. Jakarta : P.T. Toyota Astra.

Sucahyo, Bagyo, Dkk. 1997. Mesin Tenaga. Surakarta : Tiga Serangkai

Darmawan, Iwan. 2003. Merawat dan Memperbaiki Mobil Bensin. Jakarta : Puspa

Swara


Widy Anata. Sistem Rem pada Kendaraan. Available from: www.dunia-otomotif-mobil.blogspot.com.
Accesed Desember 10th 2014. At 04.56 PM.

Anonim. Cara Kerja Rem ABS. Available from: www.rentalmobilbali.net

Accesed Desember 11th 2014. At 04.56 AM.

Anonim. Sistem dan Jenis-jenis rem pada mobil. Available from:

www.rentalmobilbali.net

Accesed Desember 12th 2014. At 05.00 AM.

  I. Solihin. Drs, Mulyadi. S.Pd., 2002 Perbaikan Chasis dan pemindahan tenaga, SMK. Tingkat 2, Bandung, CV. ARMICO.


lainnya

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Sistem Rem Pembantu Laporan Pkl Dan Kiprah Simpulan Kuliah"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel