Taukah Anda Model-Model Administrasi Dalam Suatu Organisasi

Taukah Anda  Model-Model Administrasi Dalam Suatu Organisasi
Setelah membedah mengenai difinisi administrasi berdasarkan para ahli, sebagai materi rujukan warta mengenai definisi administrasi yang fundamental didalam ilmu administrasi berdasarkan Sampurno Wibowo, SE, M.Si penulis buku pengantar administrasi bisnis menuliskan, "manajemen ialah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, ibarat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk memilih dan mencapai tujuan secara efesien dan efektif".
 sebagai materi rujukan warta mengenai definisi administrasi yang fundamental didalam ilmu ma Taukah anda  MODEL-MODEL MANAJEMEN DALAM SUATU ORGANISASI


Adapun dari sekian banyak ragam dari definisi administrasi beserta fungsi-fungsinya dari sederhana hingga yang kompleks, ada beberapa model-model administrasi dalam satu organisasi adalah:

1. Model Planning, Implementation & Evaluation ( P-I-E).
Model tersebut merupakan model paling sederhana, alasannya hanya mencakup 3 fungsi yakni fungsi perencanaan, implementasi, dan penilaian sumberdaya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Model Planning, Organizing, Actuating & Controling ( P-O-A-C).
Tetapi pada tahun 1914 dari pengertian diatas mengalami transformasi sehabis spesialis administrasi berkebangsaan Prancis Henri Fayol menyebutkan administrasi melakukan 5 fungsi utama yakni, merencanakan (plan) acara yang akan dilakukan, lalu mengorganisasikan (organize) untuk mencapai planning tersebut. Kemudian mengarahkan (direct) sumberdaya yang dimiliki guna melakukan planning serta memimpin sumberdayanya (leading). Hingga lalu mengendalikan (control) sumberdaya semoga tetap beroprasi optimal.

3. Model perencanaan, pergerakan dan pelaksanaan, serta pengawasan, pengendalian dan penilaian ( P1-P2-P3)

4. Model  Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi dan Forum komunikasi ( A-R-R-I-F )
Model tersebut dipergunakan oleh organisasi yang bergerak dalam bidang partisipasi kemasyarakatan.

5. Model Analisis, Rumusan, Rencana, Implementasi, Monitoring dan Evaluasi (  A-R-R-I-M-E )
Model ini tidak jauh berbeda dengan model nomor 4, namun perbedaannya hanya terletak pada fungsi monitoring serta penilaian yang diletakan secara terpisah.

Demikianlah model-model manajemen dalam suatu organisasi semoga menunjukkan manfaat serta menambah wawasan pengetahuan yang disadur dari buku pengantar administrasi bisnis.

Free Write

Belum ada Komentar untuk "Taukah Anda Model-Model Administrasi Dalam Suatu Organisasi"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel