Tips Bisnis Budidaya Jamur Tiram Rumahan

Tips Bisnis Budidaya Jamur Tiram Rumahan
Bisnis dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada niat dan kemauan untuk menjadi seorang pengusaha. Salah satu yang menjadi peluang bisnis menguntungkan ketika ini ialah Budidaya Jamur Tiram.

sumber ilmubudidaya.com


Jamur tiram merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi (menurut wikipedia). Bentuk jamur ini seolah-olah dengan cangkang tiram yang berwarna putih sampai krem. Jenis jamur tiram ini merupakan jenis jamur yang sangat disukai oleh banyak kalangan.


Persiapan Budidaya Jamur Tiram Rumahan

Melakukan budidaya jamur tiram tidak terlalu sulit. Beberapa pengusaha disekitar daerah saya, awalnya memulai perjuangan Jamur Tiram Rumahan dengan modal yang minim dan seadanya saja. Berikut ini yang perlu dipersiapkan ketika memulai budidaya jamur tiram.

1. Rumah Jamur
2. Media Tanam Jamur (Bag log/ polybag)
3. Serbuk Gergaji
4. Bibit Jamur Tiram

Setelah semua dipersiapkan mari kita lanjutkan ke tahap proses dan perawatan jamur tiram.

Proses Budidaya dan Perawatan Jamur Tiram

Langkah awal untuk memulai budidaya jamur tiram ini ialah menyiapkan media tanam jamur tiram. Bahan utamanya ialah serbuk gergaji yang berfungsi sebagai daerah jamur berkembang biak nantinya. Siapkan serbuk gergaji kemudian mulai proses fermentasi media tanam tersebut.

Setelah simpulan maka media tanam jamur dapat dipindah ke baglog daerah jamur nantinya berkembang biak. Ujung plastik dibentuk terbuka memakai tutup atau ring semoga jamur tumbuh keluar. Setelah itu lakukan proses sterilisasi dengan cara mengukusnya.

Setelah proses sterilisasi selesai, maka langkah selanjutnya ialah proses inukilasi dan inkubasi. Selanjutnya media tanam baglog tersebut dapat dipindahkan ke rumah jamur atau kumbung untuk proses perkembangan jamur.

Tunggu beberapa ahad maka jamur tiram sudah siap panen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah perawatan jamur yang bahwasanya tidak repot, cukup mengusut kondisi jamur, menyiram air dan jamur tiram siap sampai masa panen.

Itulah klarifikasi dan gambaran perjuangan budidaya jamur tiram rumahan yang menguntungkan. Anda dapat memulai perjuangan jamur tiram yang gampang ini dengan mulai dari kecil dulu. Jika sudah terlihat menguntungkan, anda dapat meningkatkan jumlah produksi berskala besar nantinya.
Bisnis

Belum ada Komentar untuk "Tips Bisnis Budidaya Jamur Tiram Rumahan"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel