Komponen-Komponen Turbocharger
Pada Sumber)
Turbin pada turbocharger tersusun atas rotor dan casing. Turbin ini biasa bertipe sentrifugal dengancasing berbentuk volute mirip seperti casing pompa sentrifugal. Gas buang masuk melalui sisi casing, mengalir mengikuti bentuk “keong” dan masuk ke sudu melalui tepi rotor. Selanjutnya gas buang mengalir mengikuti bentuk sudu turbin sekaligus mengalami proses perembesan energi panas dan tekanan menjadi putaran sudu, dan berakhir ke sisi tengah rotor untuk keluar ke sisi exhaust.
Kompresor
Kompresor pada turbocharger, berfungsi untuk mengubah energi mekanis putaran porosturbocharger menjadi energi kinetik pedoman udara. Kompresor berada pada satu poros dengan turbin, sehingga pada dikala gas buang mesin mulai memutar turbin, kompresor juga akan ikut berputar dengan kecepatan putaran yang sama. Energi mekanis yang dihasilkan turbin akan pribadi dipakai sebagai tenaga pelopor kompresor.
Kompresor pada turbocharger, berfungsi untuk mengubah energi mekanis putaran porosturbocharger menjadi energi kinetik pedoman udara. Kompresor berada pada satu poros dengan turbin, sehingga pada dikala gas buang mesin mulai memutar turbin, kompresor juga akan ikut berputar dengan kecepatan putaran yang sama. Energi mekanis yang dihasilkan turbin akan pribadi dipakai sebagai tenaga pelopor kompresor.
Sumber)
Putaran poros turbocharger dapat mencapai 100.000 rpm. Dengan putaran secepat itu, dibutuhkanbearing dengan kualitas baik. Thrust bearing tradisional dari turbocharge biasanya terbuat dari perunggu. Pada perkembangan selanjutnya bearing modern turbocharger adalah berupa ball bearingdengan materi keramik. Penggunaan ball bearing lebih banyak dipilih karena lifetime turbochargermenjadi lebih baik.
Sumber)
Intercooler merupakan sebuah heat exchanger yang umumnya memakai udara atmosfer sebagai media cooler. Udara terkompresi masuk ke sisi tubing kecil yang tersusun atas plat-plat tipis aluminium menyerupai konstruksi radiator. Udara atmosfer mengalir dengan proteksi kipas melewati sela-sela tubing dan menyerap panas udara terkompresi melalui permukaan tubing.
Wastegates
Sebuah mesin kendaraan bermotor selalu bekerja pada rentang rpm putaran mesin yang bervariasi. Berbagai variasi rpm tersebut tentu saja menghasilkan jumlah gas buang yang bervariasi pula. Semakin tinggi putaran mesin, akan semakin banyak kuantitas gas buang dan temperatur gas buang pun juga semakin tinggi. Jika semua gas buang mesin masuk ke turbin turbocharger, sanggup kita bayangkan putaran turbocharger pasti menjadi tidak terkontrol. Pada kondisi ini kalau mesin kendaraan terlalu usang pada putaran tinggi, maka hal ini sanggup menyebabkan overheating pada turbin dan kompresor bahkan sampai mencapai titik lebur komponen-komponen turbocharger. Bahkan pada keadaan ekstrim, kondisi ini sanggup pribadi merusak piston motor bakar dengan meninggalkan lubang meleleh pada piston tersebut.
Sebuah mesin kendaraan bermotor selalu bekerja pada rentang rpm putaran mesin yang bervariasi. Berbagai variasi rpm tersebut tentu saja menghasilkan jumlah gas buang yang bervariasi pula. Semakin tinggi putaran mesin, akan semakin banyak kuantitas gas buang dan temperatur gas buang pun juga semakin tinggi. Jika semua gas buang mesin masuk ke turbin turbocharger, sanggup kita bayangkan putaran turbocharger pasti menjadi tidak terkontrol. Pada kondisi ini kalau mesin kendaraan terlalu usang pada putaran tinggi, maka hal ini sanggup menyebabkan overheating pada turbin dan kompresor bahkan sampai mencapai titik lebur komponen-komponen turbocharger. Bahkan pada keadaan ekstrim, kondisi ini sanggup pribadi merusak piston motor bakar dengan meninggalkan lubang meleleh pada piston tersebut.
Sumber)
Wastegates digunakan untuk mengatasi kondisi di atas. Komponen ini berfungsi sebagai bypass valveuntuk membuang gas buang motor bakar pada kondisi tertentu untuk tidak masuk ke dalam turbinturbocharger melainkan pribadi menuju exhaust. Pada kondisi mesin stabil, wastegates akan menutup. Sedangkan pada dikala proses akselerasi, dimana tekanan gas buang meningkat, wastegatesakan membuka sehingga putaran turbin turbocharger tidak mengalami sentakan yang berlebihan.Wastegates bekerja menurut pegas-pegas keong yang sanggup diatur ketegangannya, sehingga mekanik sanggup mengatur ketegangannya untuk mendapat kinerja terbaik dari turbocharger.
Blow-Off Valve
Blow-off valve sejatinya adalah pressure relief valve yang berfungsi untuk membuang udara terkompresi ke atmosfer pada dikala tekanan udara keluar kompresor turbocharger terlalu besar. Pada dikala sopir sebuah kendaraan beroda empat ber-turbocharger mengurangi tekanan pedal akselerasi, katup intake manifoldakan menutup sehingga udara bertekanan dari turbocharger tidak sanggup masuk ke ruang bakar. Jikaturbocharger tidak dilengkapi dengan blow-off valve, maka tekanan udara terkompresi akan terus naik, dimungkinkan akan bocor keluar, merusak bagian-bagian intake manifold, atau bahkan sanggup menyebabkan surging/stall pada turbocharger. Tentu saja hal ini sanggup merusak banyak sekali komponen mesin.
Blow-off valve sejatinya adalah pressure relief valve yang berfungsi untuk membuang udara terkompresi ke atmosfer pada dikala tekanan udara keluar kompresor turbocharger terlalu besar. Pada dikala sopir sebuah kendaraan beroda empat ber-turbocharger mengurangi tekanan pedal akselerasi, katup intake manifoldakan menutup sehingga udara bertekanan dari turbocharger tidak sanggup masuk ke ruang bakar. Jikaturbocharger tidak dilengkapi dengan blow-off valve, maka tekanan udara terkompresi akan terus naik, dimungkinkan akan bocor keluar, merusak bagian-bagian intake manifold, atau bahkan sanggup menyebabkan surging/stall pada turbocharger. Tentu saja hal ini sanggup merusak banyak sekali komponen mesin.
Sumber)
Blow-off valve memiliki konstruksi yang menyerupai dengan wastegates. Pada dikala mesin berakselerasi maupun beroperasi stasioner, katup ini akan menutup. Ia akan membuka pada dikala mesin mengurangi kecepatan putarannya, sehingga tekanan udara yang berlebih cukup berpengaruh untuk mendorong pegas blow-off valve ini.
Saluran Pipa
Penggunaan turbocharger tidak sanggup dipisahkan dengan susukan pipa yang menghubungkan banyak sekali komponen mesin. Saluran pipa turbocharger dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yakni susukan panas dan susukan dingin. Pipa susukan panas mengalirkan gas buang dari ruang bakar ke sisi inlet turbin turbocharger, serta membuang gas buang keluaran turbin menuju sistem exhaust (knalpot). Sedangkan pipa susukan hambar mengalirkan udara atmosfer masuk ke kompresor, udara bertekanan dari outlet kompresor ke intercooler, serta mengalirkan udara hambar bertekanan dariintercooler ke intake manifold motor bakar. Dikarenakan perbedaan tipe fluida yang melewati kedua susukan tersebut, tentu saja karakteristik material yang dipakai oleh keduanya juga berbeda. Sisi gas buang harus memakai material yang tahan terhadap temperatur, tekanan tinggi,backpressure, dan tegangan (stress). Sedangkan sisi udara terkompresi diguanakan material yang berpengaruh untuk tekanan tinggi.
Penggunaan turbocharger tidak sanggup dipisahkan dengan susukan pipa yang menghubungkan banyak sekali komponen mesin. Saluran pipa turbocharger dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yakni susukan panas dan susukan dingin. Pipa susukan panas mengalirkan gas buang dari ruang bakar ke sisi inlet turbin turbocharger, serta membuang gas buang keluaran turbin menuju sistem exhaust (knalpot). Sedangkan pipa susukan hambar mengalirkan udara atmosfer masuk ke kompresor, udara bertekanan dari outlet kompresor ke intercooler, serta mengalirkan udara hambar bertekanan dariintercooler ke intake manifold motor bakar. Dikarenakan perbedaan tipe fluida yang melewati kedua susukan tersebut, tentu saja karakteristik material yang dipakai oleh keduanya juga berbeda. Sisi gas buang harus memakai material yang tahan terhadap temperatur, tekanan tinggi,backpressure, dan tegangan (stress). Sedangkan sisi udara terkompresi diguanakan material yang berpengaruh untuk tekanan tinggi.
Sumber)
sumber ( http://artikel-teknologi.com/komponen-komponen-turbocharger/ )
Belum ada Komentar untuk "Komponen Lengkap Turbo Charger"
Posting Komentar
Catatan Untuk Para Jejaker