Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Gampang Dan Sederhana

Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Gampang Dan Sederhana
Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Praktis dan Sederhana - Peluang perjuangan bisa diciptakan bila kita sanggup menemukan potensi lingkungan kita berada. Salah satunya yaitu burung puyuh petelur. Ukuran burung puyuh yang kecil menciptakan ternak puyuh petelur tidak memerlukan daerah yang terlalu luas.

Usaha telur ayam, ayam potong dan telur puyuh ketika ini masih mempunyai peluang yang tinggi dan diperlukan di pasar. Banyaknya industri masakan menciptakan para peternak Puyuh Petelur untung besar setiap harinya. Kamu harus coba bisnis puyuh petelur ini sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisnis utama.

Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Praktis dan Sederhana

1. Membuat Kandang Puyuh Petelur Sederhana

Hal yang harus kau persiapkan ketika menjalani bisnis puyuh petelur yaitu menyiapkan kandang. Jika bagi pemula yang ingin memulai bisnis Puyuh Petelur, maka mulai dari sangkar yang sederhana saja.

Siapkan 3 buah sangkar Puyuh petelur dengan aturan:
  • Kandang Bibit Puyuh
  • Kandang Ternak
  • Kandang Meletakkan telur

Setiap sangkar harus memperhatikan suhu dan intensitas cahaya matahari. Jika sangkar terlalu lembab maka bisa sanggup menghambat pertumbuhan dari burung puyuh tersebut.

Estimasi modal menciptakan sangkar bisa mulai dari 400ribu sampai 650ribu. Tergantung jenis dan materi dari sangkar tersebut. Saran untuk pemula, mulailah dari menciptakan sangkar yang sederhana saja. Jika bisnis sudah berkembang dan potensial, maka buatlah sangkar menjadi lebih anggun lagi untuk meningkatkan produksi telur puyuh.

2. Mencari Bibit Puyuh yang Berkualitas

Langkah selanjutnya sehabis menciptakan kandang, yaitu mencari bibit puyuh petelur yang berkualitas. Mulailah dari jumlah yang sedikit saja 1000 ekor. Cobalah untuk membeli bibit puyuh petelur yang berkualitas tinggi dan tidak mempunyai problem dari segi kualitasnya. Adapun beberapa ciri ciri bibit puyuh petelur yang baik adalah:
  • Burung Puyuh Minimal berusia 4 minggu
  • Ukuran tubuh burung puyuh berkisar 1,5 Ons atau 150 gram
  • Bibit puyuh tidak kanibal
  • Matanya bening dan tegap
  • Puyuh berasal dari induk yang menghasilkan telur yang anggun pula.
Tentukan juga dari awal apakah hanya menjual telur puyuh saja atau menjual daging puyuh juga. Maka sesuaikan juga bibit yang anggun dan berkualitas. Jika beberapa hal diatas kurang lengkap, anda bisa bertanya ke andal peternak burung puyuh juga. Karena aku disini membagikan info dari banyak sekali sumber blog yang terpercaya. Be a smart netizen!

3. Modal Ternak Puyuh Petelur

Hitunglah modal perjuangan puyuh petelur ini. Buatlah estimasi dan asumsi modal serta laba kedepannya apakah bisnis ini mempunyai peluang perjuangan yang menggiurkan di daerah anda berada. Mulai dari perhitungan sangkar yang dibentuk berkisar antara 500ribu perkandang sampai biaya bibit puyuh, masakan puyuh, obat dan perawatan puyuh, dan seterusnya.

4. Omzet yang Menguntungkan

Omset atau laba yang akan di sanggup dari bisnis puyuh petelur ini berapa sih? Perlu diketahui bahwa seekor burung puyuh bisa menghasilkan 1 telur sehari. Harga satu butir telur puyuh dipasar yaitu 200 rupiah. Jika anda punya 1000 ekor burung puyuh maka setiap hari anda bisa memanen sekitar 200 ribu setiap harinya. Biasanya para peternak ada yang menjual setiap seminggu sekali saja biar terlihat besar hasilnya.
Perlu diketahui juga, kalau anda tidak hanya menjual telurnya saja namun juga daging burung puyuh, harga seekor burung puyuh yaitu Rp 5000 setiap ekornya.

5. Perawatan Puyuh Petelur

Berbicara wacana bisnis peternakan maka harus ada biaya perawatan terutama burung puyuh ini. Karena hal yang sulit dalam bisnis ini yaitu perawatannya yang cukup rutin dan sangat perlu diperhatikan.
Berilah vitamin setiap dua hari sekali, membersihkan kondisi sangkar secara rutin, dan mengusut apakah ada burung puyuh yang sakit dan segera di pisahkan dari burung puyuh lainnya biar tidak ketularan.

Nah itulah artikel tentang Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Praktis dan Sederhana. Semoga bisa membantu tumpuan kau untuk memulai bisnis ternak puyuh petelur. Jika beberapa hal yang masih kurang, mohon dimaklumi dan bisa mencari sumber tumpuan lainnya.


Sumber: kambingjoynim, bacalagers, amp.kontan.co.id, petanipuyuh
Bisnis

Belum ada Komentar untuk "Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Gampang Dan Sederhana"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel