Khuzaifah Bin Yaman Dan Nrimo Cintanya Kepada Rasulullah (Habis)

Khuzaifah Bin Yaman Dan Nrimo Cintanya Kepada   Rasulullah (Habis)

Abu Sufyan berkata; “Silahkan tiap orang mengenali siapa orang yang disampingnya.” Waktu itu Abu Sufyan yaitu orang yang menentang Rasulullah dan gembong kelompok orang musyrik. Beliau lah orang pertama yang bertanya siapa yang disampingnya. Misinya berhasil. Dirinya merasa hening sampai pasukan Abu Sufyan itu berpencar. Tapi ia tidak membunuh Abu Sufyan mengikut perintah Rasulullah.

Ketika perang Nahawan, ia yaitu wakil utama an-Nu’man bin Muqrin dan orang yang mengambil bendera umat Islam dikala an-Nu’man terbunuh. Hingga karenanya perang itu dimenangkan oleh umat Islam pada tahun 22 Hijriah. Selama hidupnya ia pernah mentaklukan Dinawar, Mahsandan, Hamzan dan Ray (kota-kota besar di Persia). Beliau menentukan Kuffah untuk dijadikan kota gres bagi umat Islam di negeri Persia (Iran) dan Irak. Diantara perjuangan dan derma ia dalam rangka tegaknya anutan Islam yaitu proposal untuk menyatukan umat dengan satu mushaf sesudah mereka saling bercerai-berai.

Pada tahun 36 Hijriah, ia mencicipi sakitnya begitu berat. Sebagian para sobat menjengguk ia di tengah malam. Beliau bertanya; “Pukul berapa sekarang?”

mereka menjawab; “Mendekati subuh.”

Beliau berkata; “Aku berlindung kepada Allah dari waktu subuh yang mengantarkan diriku ke neraka. Aku berlindung kepada Allah dari waktu subuh yang mengantarkan diriku ke neraka..” Setelah itu ia bertanya lagi; “Apakah kalian membawa kain kafan?”

Mereka menjawab; “Iya.” Beliau berkata; “Jangan kalian terlalu bermewah-mewah dengan kain kaffan. Sekiranya ada kebaikan dariku di sisi Allah pasti akan diganti dengan yang lebih baik. Sekiranya tidak ada kebaikan dariku pasti akan terambil dariku…

Kemudian sesudah itu ia berdo’a “Ya Allah, Engkau tahu bahwa saya lebih senang hidup miskin daripada kaya, saya lebih senang kesederhanaan daripada kehormatan dan kematian daripada kehidupan.” Hingga ruhnya diambil oleh malaikat. “Selamat tiba kematian, seorang yang mencinta tiba dengankerinduan, tidak akan senang orang yang menyesal. Itulah simpulan hayatnya.

Selama berjuang bersama Rasulullah, ia telah meriwayatkan kurang lebih 225 hadits. Diantara riwayatnya itu; ia berkata bahwa ia sholat bersama Rasulullah pada suatu malam. Rasulullah. (ar/2l) www.suaramedia.com Kisah Islami

Belum ada Komentar untuk "Khuzaifah Bin Yaman Dan Nrimo Cintanya Kepada Rasulullah (Habis)"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel