Kepemimpinan Umar Bin Khottob Ra

Kepemimpinan Umar Bin Khottob Ra



Saat itu Beliau menangis memikirkan bagaimana bila seandainya ada satu ekor keledai yang terperosok dijalan berlubang. Atau ketika Beliau menggendong sekarung gandum yang akan diberikan pada seorang ibu yang kedapatan oleh Beliau memasak watu dalam kuali demi membohongi anaknya yang kelaparan dan meminta makan.

Atau ketika ia memperlihatkan sebuah tulang unta yang telah digores lurus oleh pedangnya yang diberikan kepada seorang Yahudi untuk disampaikan kepada gubernur Amr bin Ash ra.

Sedikit bencana yang tertulis diatas pertanda tingginya kualitas kepemimpinan Umar bin Khattab ra dengan tingkat fatwa dan keimanan yang sangat tinggi.

Hal ini memperlihatkan betapa ia sangat faham makna dari politik yaitu mengurusi urusan umat. Juga pertanda betapa ia sangat memahami betapa berat konsekuensi yang akan diperoleh oleh seorang pemimpin bila hingga ada satu insan yang mengadu kepada Allah SWT atas kerusakan, kezaliman dan ketidakadilan yang dibentuk alasannya kepemimpinnya. Ngeri, apa alasannya ?, lantaran Allah SWT akan menjauhkan nirwana dari pemimpin -pemimpin yang dzolim. Umar bin Khattab sangat memahami hal tersebut.

Wilayah kekuasaan Umar bin Khattab sangat luas. Dakwah dan jihad dilaksanakan denggan sungguh-sungguh, apa alasannya ?, lantaran ia sangat memahami tidak ada yang lebih indah untuk disampaikan kepada umat insan selain Islam. Islam akan membebaskan umat insan dari penghambaan kepada sesama umat manusia. Islam akan membuka banyak jalan kebaikan bagi umat manusia. Walaupun Islam tidak pernah memaksa satu umatpun untuk masuk kedalamannya kecuali dengan keridloannya, kecuali dengan keiikhlasannya. Ini yang dibuktikan oleh Umar bin Khattab ra.
Beliau bergerak berdakwah dan berjihad memberikan Islam hingga cahayanya masuk ke negeri Syam.

Khalifah Umar bin Khattab ra sangat memahami bahwa ditangan dan dipundak kepemimpinannya harus terbuka jalan jalan kebaikan untuk umat manusia, maka ia membuka jalan jalan kebaikan itu. Beliau sangat faham bila rezeki sebagai jaminan dari Allah SWT harus tiba dengan wasilah kebijakan yang memudahkan insan untuk memperolehnya bukan dengan menyulitkannya.

Maka wajarlah bila peradaban hidup yang dibangun dimasanya yaitu peradaban insan yang sangat tinggi. Keadilan, kemaslahatan dan keberkahan hidup dirasakan seluruh umat insan dibawah kepemimpinannya.

Berbanding terbalik dengan kondisi peradaban insan ketika ini, yang penuh dengan kerusakan dalam tatanan kehidupan masyarakatnya, baik dari sisi politik, aturan dan sosial kemasyarakatan.

Maka sudah sepatutnya para pemimpin ketika ini, berkaca dan mencar ilmu dari kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab ra yang ditulis dengan tinta emas sejarah wacana keberhasilan kepemimpinannya.

Benarlah apa yang diwasiatkan oleh Rasulullah Muhammad saw, bahwa insan selamanya tidak akan tersesat selama berpegang teguh dengan dua hal yaitu Kitabullah wa Sunnaturrasul. Kegemilangan kepemimpinan Umar bin Khattab ra telah membuktikannya, dan umat insan akan menjadi saksi kebaikan kepemimpinannya dizamannya didunia hingga kelak ketika dibangkitkan kembali di yaumil akhir. wamataufiki illabillah.

Oleh: Ayu Mela Yulianti, SPt voa-islam.com
Kisah Teladan Umar Bin Khattab

Belum ada Komentar untuk "Kepemimpinan Umar Bin Khottob Ra"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel